Portal Pampang Media: berita, hiburan, dan promosi terkini dengan multimedia inovatif.

Ticker

6/recent/ticker-posts

Jalan Menuju Kawasan Wisata Gunungkidul Alami Kerusakan, Pendapatan Daerah Mencapai Rp 25 Miliar Tahun 2023

Jalan Menuju Kawasan Wisata Gunungkidul Alami Kerusakan, Pendapatan Daerah Mencapai Rp 25 Miliar Tahun 2023

Portal Pampang - Sektor pariwisata menjadi andalan Kabupaten Gunungkidul dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pada tahun 2023, sektor ini berhasil menyumbang PAD sebesar Rp 25 miliar. Namun, kondisi jalan menuju kawasan wisata di Gunungkidul masih memprihatinkan.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul, Supriyanta, mengatakan bahwa jalan rusak banyak ditemukan di kawasan wisata pantai Tengah dan Barat.

"Dari JJLS hingga pantai Krakal itu, setahu kami rusak semua," katanya, Selasa (23/1).

Ia menambahkan bahwa akses jalan yang sempit juga menjadi kendala bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai-pantai di Gunungkidul. 

"Apalagi, jumlah wisatawan tahun baru kemarin sudah lumayan banyak," ujarnya.

Untuk itu, ia mengusulkan agar jalan di kawasan wisata pantai wilayah Barat ke Timur diperlebar agar dapat diakses oleh bus pariwisata maupun mobil pribadi.

"Akses jalan memang perlu diperlebar lagi," katanya.

Supriyanta mengatakan bahwa pihaknya telah melaporkan kebutuhan perbaikan jalan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul melalui Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP). Ia berharap usulan tersebut dapat direalisasikan sesuai dengan tingkat kunjungan dan hasil survei khususnya objek wisata.

"Salah satu faktor penting dari sektor pariwisata adalah akses jalan yang baik. Jadi kami harap bisa ditingkatkan agar wisatawan lebih nyaman, wisata yang baik didukung pula dengan akses jalan yang baik," tuturnya.

Sementara itu, Kepala DPUPRKP Gunungkidul, Wadiyana, mengatakan bahwa pihaknya telah mengusulkan anggaran perbaikan jalan kawasan wisata sebesar Rp 15 miliar ke Kementerian PUPR. Anggaran tersebut rencananya akan digunakan untuk penanganan jalan di Saptosari, kawasan wisata Pantai Ngobaran dan Ngrenehan.

"Jika anggaran disetujui, kami akan melakukan proses tender terlebih dahulu, dan perencanaan lalu dieksekusi di Juni 2024 mendatang," katanya, Minggu (21/1).

Ia juga berharap mendapatkan kucuran APBD Gunungkidul untuk penanganan ruas jalan kawasan wisata lainnya.

"Kami terus berkoordinasi dengan Pemkab Gunungkidul untuk mengupayakan perbaikan jalan wisata," ucapnya.

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki banyak potensi wisata, terutama pantai. Beberapa pantai yang terkenal di Gunungkidul antara lain Pantai Pok Tunggal, Pantai Siung, Pantai Drini, Pantai Indrayanti, Pantai Sundak, dan Pantai Baron. 

Selain pantai, Gunungkidul juga memiliki objek wisata alam lainnya seperti goa, air terjun, bukit, dan embung. Beberapa objek wisata yang populer di Gunungkidul antara lain Goa Jomblang, Goa Pindul, Air Terjun Sri Gethuk, Bukit Bintang, Embung Nglanggeran, dan Desa Wisata Nglanggeran. 

Posting Komentar

0 Komentar